Manusia & Penderitaan

1. Kekalutan Mental

Kekalutan mental merupakan suatu penderitaan batin yang dialami seseorang yang disebabkan oleh ketidakmampuan seseorang dalam menghadapi permasalahan yang harus ia atasi sehingga orang tersebut mengalami gangguan kejiwaan seperti bertingkah laku secara kurang wajar.

Kekalutan mental dapat dialami oleh berbagai status ataupun tingkatan individu dalam masyarakat. Contoh kekalutan mental salah satunya yaitu, apabila seseorang menginginkan suatu barang namun kemampuan yang ia miliki tidak mungkin bisa untuk mendapatkan barang tersebut, maka cara apapun akan dilakukan demi barang tersebut, sekalipun dengan cara yang tidak baik. Keinginan yang mengebu-gebu ini akan mengakibatkan orang tersebut mengalami kekalutan mental yang juga akan berdampak pada terjadinya agresi, regresi, fiksasi, proyeksi, identifikasi, narsisme maupun autisme sehingga harus berkonsultasi pada psikiater.

 

2. Gejala-gejala Seseorang Mengalami Kekalutan Mental

  1. Pada jasmani. Seseorang yang mengalami kekalutan mental akan sering merasakan pusing, sesak napas, demam, serta nyeri pada lambung.
  2. Pada kejiwaan akan timbul rasa cemas, ketakutan, patah hati, apatis, cemburu dan mudah marah.

 

3. Tahap-tahap Gangguan Jiwa

  1. Akan timbul gejala-gejala pada jasmani maupun rohani yang telah disebutkan di atas
  2. Orang yang mengalami kekalutan mental akan lari dari permasalahan yang ia hadapi, bukan menyelesaikan masalah tersebut.
  3. Mental akan down dan jiwanya akan mulai terganggu.

 

4. Penyebab-penyebab Seseorang Mengalami Kekalutan Mental

  1. Kepribadian yang lemah

Seseorang yang merasa rendah diri atau minder akan dengan mudah mengalami kekalutan mental. Ia yang merasa dirinya tidak sempurna dibanding dengan orang-orang di sekitarnya akan menyendiri. Hal ini membuat seseorang tesudut pada keadaan yang tidak mengenakan dan mentalnya akan hancur.

  1. Terjadinya konflik sosial budaya

Roda kehidupan terus berputar, tidak selamanya sesorang berada di titik paling atas. Biasanya pada orang yang kehidupannya mewah dan serba ada, akan mengalami kekalutan mental saat ia kehilangan seluruh harta yang ia miliki. Untuk menjalani hidup sehari-hari ia akan dihantui rasa ketakutan akan tidak dapat lagi merasakan kemewahan, sehingga jiwanya terganggu.

  1. Cara pematangan batin

Over acting dalam kehidupan sosial akan menimbulkan dampak yang sungguh tidak mengenakan. Misalkan seseorang yang bertingkah berlebihan dalam hidup bermasyarakat, akan menyebabkan banyak orang yang mungkin tidak suka pada dirinya. Akan timbul pembicaraan yang tidak mengenakan hati tentangnya. Apabila orang tersebut sadar bahwa banyak orang yang tidak suka dengan tingkahnya, maka orang tersebut akan mengalami kelakutan mental yang akan mengganggu jiwanya.

 

5. Penderitaan dan Perjuangan

Penderitaan merupakan risiko hidup yang sifatnya kodrati. Untuk keluar dari penderitaan tentulah manusia itu sendiri yang berhak memilih dengan cara apa ia keluar dari penderitaan. Terbebas dari penderitaan pada hakekatnya meneruskan kelangsungan hidup. Untuk mencapai kelangsungan hidup yang lebih baik, maka manusia harus berjuang dengan seluruh kemampuan yang dimiliki. Selain berjuang, untuk terbebas dari penderitaan tentu harus disertai dengan kesabaran dan doa. Karena hidup tidak selalu berada di atas atau bahagia. Maka manusia harus optimis dan berusaha serta berjuang dalam menghadapi kesulitan hidup.

 

6. Penderitaan, Media Massa, dan Seniman

Dengan adanya media masa di masa yang modern ini, contoh-contoh penderitaan sudah menjadi makanan sehari-hari bagi masyarakat. Dengan adanya media massa, semua berita dapat dirangkum dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Tidak sedikit orang yang memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menyiksa serta menindas orang lain.

Semakin hari semakin banyak berita tentang penderitaan yang dapat kita jumpai. Hal ini membuat para seniman, terutama seniman perfilman yang tidak jarang mendapat ide-ide cemerlang untuk memfilm kan cerita tentang penderitaan. Dengan harapan, film yang para seniman buat dapat menjadi pelajaran bagi para penonton tentang cara keluar dari penderitaan serta menjadi tameng untuk mencegah terjadinya penderitaan bagi dirinya.

 

7. Penyebab-penyebab Penderitaan

Apabila dikelompokkan secara sederhana berdasarkan sebab – sebab timbulnya penderitaan , maka penderitaan manusia dapat diperinci sebagai berikut:

A. Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia

Penderitaan yang menimpa manusia karena perbuatan buruk manusia dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya. Penderitaan ini terkadang disebut nasib buruk. Nasib buruk tersebut dapat berubah menjadi baik. Dengan kata lain manusia itu sendirilah yang dapat memperbaiki nasibnya. Tuhan yang menentukan sedangkan nasib buruk itu manusia penyebabnya. Perbuatan manusia terhadap lingkungannya juga menyebabkan penderitaan manusia. Tetapi kadang manusia itu sendiri tidak menyadarinya, contohnya kita membuang sampah sembarangan sehingga menyebabkan banjir.

B. Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan / azab Tuhan

Penderitaan manusia dapat juga terjadi akibat penyakit atau azab Tuhan. Namun kesabaran, tawakan dan optimisme dapat menjadi usaha untuk mengatasi penderitaan tersebut.

 

8. Pengaruh jika Seseorang Mengalami Penderitaan

Tidak semua dampak ari penderitaan merupakan dampak yang negatif. Penderitaan harus diselesaikan. Karena keluar dari penderitaan berarti melanjutkan kehidupan dengan harapan membuat kehidupan jauh lebih baik dari sebelumnya. Dampak negatif yang mungkin timbul akibat penderitaan antara lain, berkurangnya gairah hidup, membatasi segala gerak hidup, kecewa, putus asa untuk melanjutkan hidup, dan lain sebagainya. Sedangkan dampak positifnya yaitu, sikap optimis untuk menjalani segala lika-liku kehidupan dengan sikap lapang dada. Sikap keras untuk melawan penderitaan, bahkan membantu seseorang untuk keluar dari penderitaan.

 

Kesimpulan: Hidup itu bagaikan Pohon Kelapa yang tinggi. Karena semakin dia tinggi, maka dia akan mendapatkan banyak penderitaan. Begitulah hidup, semakin hari penderitaan kita semakin  semakin bertambah. Dengan berbagai macam penderitaan yang  bisa mengganggu mental kita. Kita harus mengatasi penderitaan tersebut dengan selalu berpikir positif. Lihat lah penderitaan itu sebagaimana cobaan di dalam hidup kamu.

 

Sumber: 1. http://nandarfiles.blogspot.co.id/2011/06/sebab-sebab-penderitaan.html
2. http://septiarnita.blogspot.co.id/2011/06/kekalutan-mental.html

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s