Pengertian,Tujuan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial

Ilmu Sosial Dasar adalah seseorang atau kelompok yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Dalam mempelajari Ilmu Sosial Dasar ini menekankan metode ilmiah dalam mempelajari manusia meliputi perilaku dan interkasi manusia. Pembelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat digunakan sebagai jalan keluar dalam mencari pemecahan masalah sosial yang ada pada kehidupan masyarakat.

Tujuan Ilmu Sosial Dasar:
1. Memiliki wawasan dan pengetahuan yang dibutuhkan seseorang untuk melangsungkan kehidupannya di tengah masyarakat dan mampu menghadapi masalah yang timbul dilingkungannya.
2. Peka terhadap masalah sosial dan tanggap ikut serta dalam memecahkan problemanya di lingkungan sekitarnya.
3. Paham dan sadar dengan adanya kenyataan-kenyataan sosial maupun masalah-masalah sosial di dalam masyarakat.
4. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi terhadap masyarakat
5. Menjalankan peraturan yang ditetapkan.
6. Supaya manusia menyadari masalah dan kenyataan yang ada pada masyarakat.
7. Sigap dalam menghadapi masalah yang timbul.
8. Berpikir kritis terhadap masalah-masalah yang menimpa.

3 Kelompok Ilmu Pengetahuan
1. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural science )
Ilmu ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis itu kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi . Hasil penelitiannya 100 % benar dan 100 % salah. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu alamiah antara lain ialah astronomi, fisika, kimia, biologi, kedokteran, mekanika.
2. Ilmu-ilmu Sosial ( social science ),
Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tetapi hash penelitiannya tidak mungkin 100 % benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antar manusia itu tidak dapat berubah dari saat ke saat. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu sosial antara lain ilmu ekonomi, sosiologi, politik, demografi, psikologi, antropologi sosial, sosiologi hukum, dsb.
3. Pengetahuan budaya ( the humanities ),
Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode pengungkapan peristiwa- peristiwa dan pemyataan-pemyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. Peristiwa- peristiwa dan pemyatan-pemyataan itu pada umumnya terdapat dalam tulisan-tulisan.

sumber: http://bangbiw.com/penjelasan-tentang-ilmu-sosial-dasar/
http://www.academia.edu/6666951/ILMU_PENGETAHUAN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s